10 trik supaya tidur nyenyak di pesawat

0
3089

Tidak ada yang mengalahkan bangun tidur dan badan terasa segar setelah beristirahat karena melalui penerbangan yang panjang. Berikut 10 trik agar dapat tidur dengan nyenyak di pesawat selama perjalanan seperti yang dikutip dari Smarter Travel:

1. Berpakaian nyaman

Jangan memakai pakaian ketat yang dapat membatasi sirkulasi udara tubuh. Jika Anda melakukan perjalanan udara jarak jauh, pertimbangkan untuk membawa piyama yang bisa dikenakan saat berada di dalam pesawat. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk tidur dibanding dengan kemeja bisnin.

2. Hindari tempat duduk dekat sayap dan kamar mandi

Suara jet kadang terdengar lebih keras jika kita duduk deretan kursi belakang mesin. Cobalah untuk memilih kursi duduk di depan mesin. Juga pastikan Anda berada jauh dari kamar mandi. Duduk di dekat WC membuat Anda lebih sering terbangun karena mendengar suara bantingan pintu, lampu, bau yang tidak menyenangkan dan penumpang lainnya berdesak-desakan berdiri dekat Anda saat menunggu antrean.

3. Cobalah minum obat tidur

Jika Anda punya masalah atau trauma naik pesawat, pertimbangkan beberapa intervensi untuk mengkonsumsi obat-obatan. Hal ini dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pastikan untuk menguji terlebih dahulu obat tersebut beberapa malam sebelum keberangkatan, sehingga Anda bisa mengetahui apakah obat tersebut ada efek sampingnya atau tidak.

4. Usahakan duduk dekat jendela

Jika memungkinkan, pesan tempat duduk dekat jendela. Prop seperti bantal dan selimut akan membuat Anda merasa nyaman untuk tidur. Plus, Anda tidak perlu dibangunkan oleh orang di sebelah Anda yang ingin menggunakan kamar mandi.

5. Pilih bantal Anda

Setiap orang harus tidur, tapi tidak semua orang tidur dengan cara yang sama. Pilih bantal perjalanan yang sesuai dengan gaya tidur yang nyaman di ruang terbatas.

 6. Memakai masker penutup mata

Menurut National Sleep Foundation, cahaya adalah regulator paling kuat dari jam biologis Anda. Jadi agar Anda bisa tidur nyenyak, masker penutup mata dapat membantu.

7. Kenakan Headphone

Suara bising tentun ya sangat mengganggu. Jika radio atau televisi dapat membuat Anda hanyut tertidur, cobalah lakukan. Anda juga bisa menggunakan penyumbat telinga untuk menciptakan suasanan senyap.

8. Selimut

Jangan terlalu mengandalkan selimut gratis (beberapa maskapai penerbangan sekarang mengenakan biaya untuk selimut dan bantal). Lebih baik, bawa sendiri. Bahkan jika Anda ditawari selimut, mungkin bukan yang bersih, karena banyak perusahaan penerbangan menggunakan kembali selimut tanpa dicuci terlebih dahulu.

9. Jangan menyimpan barang di bawah kursi

Jangan menyimpan barang di bawah kursi. Ini akan mengambil ruang gerak kaki sehingga lebih sulit untuk berbaring dan tidur.

10. Jangan pesan makanan

Berpikir dua kali sebelum memesan makanan pada penerbangan berikutnya. Jika berencana untuk tidur, Anda harus tahu bahwa makan makanan besar dapat mengganggu istirahat malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.