5 Tips Mudik Agar Perjalanan Mudah dan Menyenangkan

0
512
Photo by Annie Spratt

Lebaran tahun 2020 memang masih jauh di depan mata, tapi tidak salah jika mempersiapkan perjalanan untuk lebaran mulai dari sekarang. Semakin matang persiapan, maka perjalanan pasti menjadi lebih menyenangkan.



Menjelang lebaran biasanya sulit mendapatkan sarana transportasi, maka dari itu lebih baik kamu sejak awal melakukan persiapan, mulai dari membeli tiket, anggran dan juga perlengkapan yang hendak kamu bawa.

Jika kamu biasanya mudik menggunakan bis, sebaiknya kamu beli tiket bus lebaran online di Traveloka, karena melalui Traveloka kamu bisa mendapatkan tiket bis dengan mudah dan juga mendapatkan berbagai promo menarik.

Pada artikel ini kami akan memberikan tips mudik lebaran menyenangkan khusus untuk kamu.

1. Tetapkan Jadwal Keberangkatan Lebih Awal

Menjelang lebaran biasanya jalan raya begitu padat sehingga kemacetan tidak bisa dihindari. Jadi, ada baiknya kamu merencanakan perjalanan lebaran tidak berdekatan dengan hari H.

Jika hal ini tidak memungkinkan, ada baiknya kamu memilih rute perjalanan yang jarang terkena macet. Walau rute yang kamu pilih jarak tempuhnya lebih panjang, tapi lebih baik dari pada kamu terjebak macet. Karena terjebak macet pasti sangat membosankan dan waktunya juga tak bisa diprediksi.

2. Hindari Memakai Perhiasan yang Mencolok

Jika kamu mudik menggunakan transportasi umum seperti bis, sebisa mungkin kamu tidak mengenakan perhiasan yang mencolok. Hal ini bisa membahayakan kamu. Banyaknya orang bepergian saat lebaran sering dimanfaatkan oleh orang orang jahat untuk mencuri, menjambret atau mencopet. Jika kamu terlihat mengenakan perhiasan yang mencolok, pasti akan mengundang orang lain untuk berbuat jahat kepadamu. Bukan hanya perhiasan yang dirampas, melainkan juga membahayakan nyawa kamu.

3. Siapkan Bekal dan Makanan Ringan

Mudik menggunakan bis tidak dapat diprediksi apakah terkena macet atau tidak. Oleh karena itu sebaiknya kamu menyiapkan bekal atau makanan ringan saat di perjalanan nanti. Walaupun bis yang kamu tumpangi menyediakan makanan ringan atau makanan berat, jauh lebih baik jika kamu juga membawa bekal. Hal ini berguna seandainya kamu terkena macet di tengah jalan. Walaupun macet berjam jam, kamu tidak akan kelaparan. Selain bekal, tentunya kamu juga harus membawa air minum yang banyak, biar kamu tidak mengalami dehidrasi dalam perjalanan.



4. Menyiapkan Perlengkapan dan Obat Obatan

Selain pakaian dan barang-barang pribadi, perlengkapan lainnya juga harus dibawa saat melakukan perjalanan mudik lebaran adalah obar obatan, apalagi jika kamu memang sedang sakit atau sedang dalam masa pengobatan. Bahkan jika kamu tidak sakit, tidak ada salahnya membawa perlengkapan obat, seperti obat sakit kepala, obat diare, minyak angin dan kotak P3K. Siapa tahu saat dalam perjalanan ada orang lain yang membutuhkan, jadinya kamu bisa menolong mereka.

5. Menyiapkan Hiburan di Perjalanan

Hal yang tak kalah penting untuk kamu persiapkan di perjalanan mudik lebaran nanti adalah hiburan yang akan menemani kamu dalam perjalanan. Entah itu berupa musik, film, buku, atau hal lainnya yang bisa membunuh rasa bosan kamu. Jika kamu mempersiapkannya, pastinya perjalanan kamu bisa menjadi lebih menyenangkan. Kamu nantinya terbebas dari rasa bosan walaupun terjebak macet di jalanan.

Itulah beberapa tips mudik lebaran yang bisa kamu terapkan agar perjalanan kamu jadi lebih menyenangkan (Robit Mikrojul Huda)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.