5 Tips saat Mengajak Kelompok Anak untuk Berakhir-pekan

0
2629

Ada kalanya saat liburan sekolah, rumah kita menjadi tempat berkumpulnya anak-anak, baik dari rombongan sepupu atau teman sekolah anak-anak yang ingin berkumpul bersama. Jika kita menjadi tuan rumah untuk kelompok yang terdiri dari lebih 3 anak, maka butuh strategi agar tidak kewalahan dan bahkan membuatnya menjadi waktu yang menyenangkan buat kita dan mereka!

So, here we go:

  1. Pilih Tempat yang Tepat untuk Bersenang-senang Bersama.
    Untuk saya, tempat yang paling tepat untuk segala usia (apalagi jika membawa kelompok sepupu dengan usia yang berbeda) adalah ke Waterpark.  Karena di sana ada fasilitas untuk usia anak-anak (splash) dan untuk anak dewasa berusia 10 tahun ke atas (juga adrenalin slide).
  2. Lakukan Persiapan Awal.
    Coba lakukan reservasi atau telpon tujuan sebelum berangkat ke tujuan.  Jangan sampai sudah berjalan jauh, tapi ternyata lokasi yang dikunjungi tutup karena renovasi (it happens to me before).
  3. Ajak Pasangan Anda untuk saling Mengawasi Anak.
    Orang tua yang ikut kalau bisa adalah sepasang.  Jika saya mendapat giliran membawa anak-anak dan keponakan, saya juga butuh suami saya untuk ikut dalam kegiatan.  Ini akan memudahkan kita untuk bergantian menemani si kecil dan mengawasi anak-anak yang sudah dewasa.
  4. Kelompokkan mereka dan tunjuk Ketua Regu.
    Agar mudah dalam mengatur, coba bagi rombongan anak dalam beberapa kelompok, sebagai contoh: Kelompok anak laki-laki dan kelompok anak perempuan. Jika ada anak yang sudah duduk di SMA/SMP, tunjuklah ia untuk menjadi ketua kelompok.  Dengan demikian, mereka akan saling membantu dan juga mengawasi. Jangan sampai ada yang tertinggal.
  5. Jaga Jam Makan Anak.
    Usahakan agar sebelum berangkat ke tujuan perut sudah diisi terlebih dahulu. There’s no worse thing than going to places with 7 screaming hungry grumpy kids.  Bahkan setelah acara, pastikan Anda mengajak mereka untuk makan.  Popcorn is not counted as meal.

Places to entertain group of kids:

Lastly:  try not to be too strict with rules…. And enjoy more!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.