7 Cara Liburan Gratis Ke Luar Negeri

1
6523

Liburan selalu dinanti oleh semua orang, karena pada saat itulah mereka bisa terbebas dari kegiatan sehari-hari. Terkadang biaya jadi penghalang terbesar hadirnya liburan. Apalagi destinasi liburannya mau ke luar negeri.  Tapi tak perlu khawatir, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Kalimat tersebut juga berlaku bagi Anda yang memiliki keinginan besar untuk liburan. Inilah 7 cara liburan gratis yang bisa Anda coba :

1. Ikut kuis

Ini adalah cara paling umum yang dilakukan banyak orang saat ingin liburan tanpa mengeluarkan uang. Namun bukan berarti cara ini klise. Selalu ada pemenang di setiap kuis dan selalu ada kesempatan bagi Anda untuk jadi juara. Hal yang harus diingat saat mengikuti kuis adalah membaca ketentuan dengan baik dan benar.

Mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku bisa memperbesar kemungkinan Anda memenangkan kuis. Satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mengikuti kuis adalah jangan terlalu banyak berharap dan jangan terlalu sedih saat tidak menang.

2. Ikut program pertukaran pelajar

Cara ini membutuhkan sedikit usaha dan tahap yang mungkin merepotkan. Tapi, siapa juga yang tidak semangat jika bisa jalan-jalan ke negara lain dan pulang dengan segudang ilmu baru? Rasanya, tahapan merepotkan pun bukan masalah yang terlalu berat. Cara liburan ini sangat bisa dilakukan bagi Anda yang masih menuntut ilmu di sekolah atau universitas.

Kesempatan ini terbuka lebar bagi mereka yang masih berada di tingkat awal. Jangan malas untuk mengurus surat dan syarat untuk mengikuti program ini. Banyak dari universitas dan sekolah membuka program ini saat sedang musim panas. Mereka menyebutnya sebagai summer course atau kursus musim panas. Waktu program bisa berlangsung selama 2 minggu hingga 1 tahun.

Rajin-rajinlah menengok mading yang ada di kampus atau sekolah. Atau, datangi beberapa kedutaan untuk mengetahui program pertukaran pelajar di negara tersebut.

3. Sukarelawan

Cara ketiga akan mengajak Anda berbuat baik sambil liburan, asyik kan? Sukarelawan tidak selalu dibutuhkan di tempat yang sedang terjadi bencana. Namun bisa juga di tempat yang memang selalu membutuhkan bantuan seperti Etiopia dan beberapa kawasan di Afrika. Menjadi sukarelawan akan membawa ke sebuah pengalaman yang mungkin tidak Anda sangka-sangka.

Bertemu orang baru, menghadapi masalah yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya, dan lain-lain akan mengubah cara pandang Anda mengenai sebuah kehidupan. Selain itu, menjadi sukarelawan juga berarti datang ke tempat baru. Liburan tak melulu tentang bersenang-senang, tapi juga berbagi. Jika ingin coba liburan dengan kegiatan sosial, cari informasi di PBB atau instansi yang membutuhkan banyak sukarelawan seperti WWF dan UNICEF.

4. Jalur Beasiswa

Beasiswa kuliah ke luar negeri menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri. Beruntung, jika beasiswa itu diraih di benua yang jarak antar negaranya dekat, seperti Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Di Indonesia, banyak negara menawarkan beasiswa kuliah S1, S2, dan S3. Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris, Belanda, Mesir, Arab Saudi, Italia, Prancis, Selandia Baru, Jerman, Jepang hingga Cina menawarkan beasiswa-beasiswa tersebut.

Anda harus mengikuti sejumlah tahapan seleksi untuk bisa lolos beasiswa ini.. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi catatan wajib, terkecuali untuk sejumlah negara seperti Mesir dan Rusia.

Jika Anda tertarik ke AS, silakan klik situs Usaid. Jika Inggris tujuan kuliah Anda, buka situs British Council atau kedutaan besar Inggris atau cari di google Chevening Awards. Belanda cari di NEC, sementara Jerman coba telusuri di DAAD. Jadwal kuliah dengan jumlah liburan yang cukup panjang membuat kita bisa merencanakan perjalanan ke sejumlah tempat di negara itu atau negara-negara tetangganya.

5. Tuntutan Profesi

Anda bisa jalan-jalan gratis karena tuntutan profesi. Wartawan, dokter, akuntan, PR, tenaga pemasar, hingga teknisi memiliki kesempatan besar pergi ke luar negeri. Kantor mereka yang membiayai semua perjalanan itu. Jadi, sambil menjalankan tugas kantor, Anda bisa menikmati suasana dan sensasi negara yang Anda tuju.

6. Memiliki Karya/Peran

Jika Anda berkarya dalam bidang apapun, langkah ke lur negeri gratis terbuka lebar. Misalnya, Anda seorang pegiat lingkungan atau pecinta buku dan menjadi volunter di sejumlah daerah. Lembaga-lembaga asing sangat menghormati orang-orang seperti ini. Mereka tidak segan-segan mengundang Anda datang ke negerinya, untuk memaparkan dan berbagi pengalaman dengan orang-orang di negeri itu.

Atau Anda akan mendapat training lebih dalam soal dunia yang Anda geluti. Dalam hal ini, AS, Inggris, dan banyak negara Eropa memberikan penawaran menarik terhadap apa yang Anda kerjakan. Pelajar dan mahasiswa juga terbuka lebar untuk bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri dengan cara ini.

7. Menjadi Blogger

Ini serius. Aktif di blog membuat dunia Anda berbeda. Kekhasan yang Anda miliki menjadi senjata ampuh menarik perhatian pihak lain. Jika Anda hobi menulis kuliner di blog Anda dan menjadi rujukan, bukan tidak mungkin akan ada tawaran menarik jalan-jalan ke luar negeri. Sejumlah blogger telah menikmati “dunia” seperti itu.

So…Anda mau pilih cara yang mana?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.