Airlines mana yang cocok untuk terbang bersama keluarga

0
5986

 

Kali ini saya mau berbagi pengalaman menggunakan beberapa Airlines saat berlibur bersama keluarga.

Air Asia

Daripada ikutan rush hour dan bersaing dengan para pencari discount ditengah malam saat sale tiket promo/discount dibaru buka, chance lebih lama ngantri ketimbang dapat seats gratis.  lebih baik tidur cepat biar bisa bangun lebih awal (sekitar jam 4-5am) untuk cari tiket murah.

Jika beli tiket discount, tidak perlu ditambah bagasi dan seats etc.  Mending hal-hal tersebut di add-on saat mendekati jadwal keberangkatan. Trik ini gunanya untuk menghindari kalau ternyata tiba-tiba tidak bisa berangkat pas hari H. Setidaknya uang yang hangus gak terlalu banyak jika ditotal.

Kalau travelling bersama anak-anak, lebih baik langsung memilih paket penerbangan yang menyediakan makanan (flight meal) saat pemesanan awal, karena sering kali makanan anak-anak yang digemari akan cepat terjual habis.

Untuk bagasi, lebih baik ambil pilihan 15 kg per orang biar aman. Kalau ada kelebihan berat bagasi, Air Asia memberi harga tambahan yang cukup mahal.

Karena ukuran cabin yang lumayan kecil, jangan bawa hand carry yang besar, cukup back pack untuk masing-masing anggota keluarga. Akan lebih praktis juga jika bepergian membawa anak-anak. Barang-barang lainnya masukkan ke dalam bagasi.

Tiger Airways

Untuk perjalanan ke Singapura dan last minute travel plan, sangat recommended untuk ambil Tiger Airways.

Walaupun harga tiket di bandara tidak terlalu menarik (alias kecil banget) tapi penerbangan dan layanannya memuaskan untuk ukuran harganya.

Jika bepergian bersama anak-anak, prinsipnya masih sama: Book your luggage, meal etc in advance. Namun karena waktu penerbangannya yang sangat pendek, jadi tidak usah khawatir anak-anak bakal kelaparan.

Garuda Indonesia

Sudah lama dengar beberapa kabar kalau saat ini Garuda Indonesia meningkatkan mutu layanannya dibanding dulu. Dan setelah mencoba di beberapa perjalanan terakhir dengan keluarga naik Garuda, I’ve converted into a fan!

Pesawat yang dipakai rata-rata baru. Fasilitas hiburan dalam penerbangan sangat mengesankan. Mulai dari film, games dan musik, semuanya variatif. Ini nilai tambah loh buat kita, apalagi buat anak-anak. Bahkan untuk perjalanan yang dekat pun kita bisa menikmati film.

Makanannya juga sudah sangat berubah dari yang dulu.

Soal bagasi masih standard, kita dapat 10 kg untuk setiap orang. tapi akan lebih baik kalau bisa lebih sih. But i guess you can’t have it all, I’m pretty happy with the friendly service, kid’s toys, and in-flight entertainment.

Apalagi dengan newly renovated check-in counter di Bandara Jakarta. Jika Anda pemegang Citibank Garuda, bisa dapat layanan special.

 

Itu pengalaman saya dan sekarang giliran yang baca artikel saya :)
Kalau punya pengalaman berbeda, silahkan share juga yah di bagian comment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.