Bangkok Populer sebagai Tujuan Wisata Medis

0
4645

BBC Travel melangsir berita bahwa beberapa negara di Asia telah menjadi tempat teramai sebagai tujuan wisata medis (medical tourism). Lebih dari 89% pelaku wisata medis memilih untuk pergi ke Thailand, India atau Singapura pada tahun 2010.

Walau Singapura menduduki peringkat favorit, namun karena tingginya biaya kamar hotel dan pengobatan di Singapura membuat Bangkok menjadi semakin dilirik dunia untuk pariwisata medis. Terbukti, sudah 19 juta wisatawan mengunjungi Thailand pada tahun 2011, angka ini melonjak 20% dari 2010.

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), yang mulai mempromosikan pariwisata medis pada tahun 2004, memiliki website pariwisata medis yang memberikan informasi layanan medis yang tersedia (termasuk perawatan gigi, dermatologi dan bedah kosmetik) serta daftar rumah sakit terkenal.

Berikut beberapa rumah sakit di Bangkok (Thailand) yang menjadi tujuan wisata medis:

Bumrungrad International Hospital

Website: bumrungrad.com

Samitivej Hospitals

Website: samitivejhospitals.com

Bangkok Hospital

Website: bangkokhospital.com

BNH Hospital

Website: bnhhospital.com

 

Phyathai Hospital

Website: phyathai.com

Satori World Medical

Website: satoriworldmedical.com

Vejthani Hospital

Website: vejthani.com

Nampaknya, semakin meluasnya jangkauan perjalanan udara, biaya kesehatan yang makin meningkat di negara maju, dan daftar tunggu yang panjang adalah sebagian alasan meledaknya  pariwisata medis dalam dekade terakhir. Hal ini cermat dibidik oleh Thailand.

Bagaimana dengan Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.