Bogor, Surga Makanan Tradisional khas Sunda

0
432

Selain Bandung, kota Bogor juga menjadi destinasi wisata kuliner terpopuler di tanah Sunda. Aneka makanan nikmat berjajar dijual di sepanjang Jalan Suryakencana sampai ke Gang Aut. Berikut ini makanan top kota Bogor yang bikin ngiler.



Kuliner Jalan Suryakencana

Kalau liburan bareng keluarga sambil menginap di Bogor, ajak semua anggota keluarga jalan pagi mengelilingi Kebun Raya Bogor. Selain sehat, si kecil bisa ikut memberi makanan pada kawanan rusa depan Istana Bogor.

Begitu tiba di pintu masuk Kebun Raya di samping Pasar Bogor, kalian bisa melangkahkan kaki memulai petualangan rasa di Jl. Suryakencana.

Persis di seberang supermarket Grand, ada jajanan rujak uleg yang terkenal enak dengan porsi besar,.cukup untuk dimakan sekeluarga.

Varian buahnya lengkap banget lho.

Dari situ kalian bisa menyeberang jalan dan persis di samping supermarket Ngesti Lama, kalian bisa masuk ke Jl. Ranggagading dan membeli Sotomie Bogor yang super yummy dengan risol kampungnya. Ga usah bingung, di situ cuma ada satu penjual Sotomie Bogor kok. Bisa juga kalian tanyakan letaknya pada tukang parkir di sana ya.

Ini dia Sotomie Bogor di Jl Ranggagading.

Kembali ke Jalan Suryakencana, masih ada resto Mie Tasik, gerobak Lumpia Basah, Toge Goreng Pak Raisan, Ngohiang Bogor dan Nasi Goreng Pete Guan Tjo kalau kalian pengin coba.

Toge Goreng Pak Raisan

Kuliner Gang Aut

Begitu melewati Hotel 101, tibalah kita di perempatan jalan yang membagi Jalan Suryakencana dan Jalan Siliwangi. Kawasan ini dikenal sebagai Gang Aut.

Kawasan Gang Aut kini berdandan.

Sebelum perempatan tsb, kalian bisa menemukan gerobak Soto Kuning Pak Yusup, Bakso Mang Jaka, Cakue dengan sambal kacang, Sate Madura, atau Martabak Manis si Oom, penjualnya seorang kakek keturunan Tionghoa yang sudah tua tapi masih lincah membuat martabak, yang buka mulai jam 3 sore sd jam 5 sore saja saking larisnya.

Soto Kuning Pak Yusup
Martabak manis si Oom

Setelah perempatan, masih ada Penjual Lumpia Goreng dengan sambal kacang, Lumpia Basah, Sotomie Ciseeng (non halal), dan Lomie (non halal).

Lumpia basah isi tumis toge dan bengkoang.

Mungkin kalian perlu menginap dua malam di Bogor untuk bisa mencicipi semua makanan di dua kawasan ini saking banyaknya dan semua menggiurkan. Pastikan perut dalam keadaan kosong ya supaya bisa jajan maksimal.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.