Festival Kuwung Banyuwangi

0
3235

Ide untuk akhir pekan panjang mendatang: Banyuwangi Festival lucu juga nih. Ini agenda tahunan perayaan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba).

Di Festival Kuwung, tiap-tiap kecamatan akan mengangkat berbagai tema berbeda yang mewakili keaslian potensi wilayahnya masing-masing, seperti:

  • Kecamatan Rogojampi, Singojuruh, Songgon dan Kabat akan menampilkan fragmen sejarah dengan judul Mendung Langit Kedawung.
  • Kecamatan lainnya seperti Srono dan Muncar akan menampilkan kesenian asli Gandrung, Barong Using, Jaranan Buto dan Reog.
  • Sedangkan penampilan adat  seperti Seblang, Kebo-keboan, Petik Laut dan Kemanten Using juga akan dibawakan oleh Kecamatan lainnya.

Tidak hanya itu saja, potensi lokal seperti kerajinan maupun destinasi wisata juga ikut dikemas dalam Festival Kuwung. Anyaman Bambu yang menjadi potensi Gintangan, Batik khas Banyuwangi, makanan khas akan ditampilkan dalam parade kreasi unik.

Selain itu tidak ketinggalan potensi alam seperti Wisata Agro Kebon Kopi, Belerang dari Kawah Ijen, macan Alas Purwo dan Penyu dari Taman Nasional Sukomade  juga akan diperagakan dalam teatrikal yang menawan.

Iringan musik khas mulai Hadrah, Kundaran dan Jaranan juga di suguhkan untuk menambah semarak festival otentik Banyuwangi ini.

Menarik kan?

DETAIL EVENT
Event: FESTIVAL KUWUNG
Hari/tgl: Sabtu, 22 Desember 2012
Jam: 12.00 – 15.30 WIB
Lokasi: Start di muka Kantor Bupati Banyuwangi
(Rute yang ditempuh tidak kurang sepanjang 2 km dimulai dari muka Kantor Bupati Banyuwangi- PB Sudirman-Susuit Tubun sampai finish di Taman Blambangan)
web: banyuwangitourism.com
twitter: @Bwi_Festival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.