5 Persiapan Agar Hari Pertama Anak di Sekolah Lancar

0
2164

Momen hari pertama masuk sekolah merupakan momen penting bagi orang tua dan si anak. Tak jarang orang tua yang bekerja, merelakan jatah cutinya dipotong demi mengantar si buah hati masuk ke gerbang sekolah untuk pertama kalinya.

Agar momen pertama kali ini berjalan lancar, ada baiknya sebagai orang tua mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Bawa makanan ringan untuk dimakan pada saat jam istirahat. Tidak usah yang rumit atau berlebihan, makanan yang mudah dimakan si anak misalnya kentang goring, nugget, ataupun roti. Jangan lupa diberi nama kotak makan dan botol minumnya untuk menghindari tertukar dengan teman di kelasnya.
  2. Bawa perlengkapan baju ganti. Hal ini untuk jaga-jaga bila si anak keringetan ataupun bajunya kena noda ketika makan.
  3. Beri dukungan kepada si anak, mulai dari bangun tidur sampai program belajarnya selesai.
  4. Sikap tenang dan santai diperlukan agar membantu si anak menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dan ingat jangan pernah membandingkan anak anda dengan anak lain. Karena setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda.
  5. Jangan melakukan hal-hal yang berbau paksaaan seperti: memaksa anak untuk melakukan kegiatan tertentu, menakut-nakuti atau mengancam si anak.

Biarkan si anak menikmati hari pertamanya di sekolah, bebaskan dirinya untuk bereksplorasi sehingga membuat dia nyaman dan proses pembelajarannya berjalan dengan baik. (YS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.