Hal Penting dipersiapkan sebelum Travel ke Tokyo

0
2527

Beberapa hal yang penting dipersiapkan sebelum berangkat ke Tokyo:

Telekomunikasi

Karena SIM card di Jepang agak ribet, jadi sebaiknya gunakan provider Indonesia. Pilih yang murah untuk biaya roaming di Jepang. Hasil survey, XL punya program roaming paling murah. Dengan 3 hari data gratis, dan selebihnya hanya Rp. 50.000,- per hari.

Saya beli pra bayar dengan pulsa Rp. 300.000,- jika pulsa habis, bisa isi ulang lewat klik bca atau minta bantuan teman yang pakai XL untuk diisikan.

Beli mata uang Yen di Jakarta

..dan akan lebih baik jika bank yang Anda pakai punya simpanan Yen yang cukup. Coba cek lewat telpon ke bank Anda sebelumnya. Karena agak ribet jika harus tukar uang dahulu saat tiba di Jepang, mengingat jam kedatangan via Airasia sudah larut malam.

Koneksi Internet

Periksa koneksi Internet yang disediakan hotel tempat Anda menginap. Apakah menggunakan wifi atau LAN line. Pastikan juga gadget Anda mendukung koneksi yang tersedia. Ada baiknya Anda sudah menyiapkan extended wifi untuk laptop Anda (bisa didapatkan di toko electronic Jakarta).

Bawa passport saat berbelanja

Jika berbelanja (shopping), pastikan Anda tetap membawa passport. Untuk pembelanjaan di atas jumlah tertentu, Anda akan dikenakan pajak yang hanya dapat diproses di hari yang sama dengan membawa passport.

Bawa botol Air

Jika ingin irit, bawa botol air yang nantinya bisa diisi ulang di water fountain. Ada juga vending machine tersedia di setiap pojok dan menjual mineral water dan beragam minuman lainnya dengan harga ¥120 (Rp. 12.000,-)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.