How teach your kids without the nanny

0
2060

Sebagai orang tua, kita pasti ingin anak kita bisa mandiri. Apalagi sebentar lagi mereka akan ditinggal pengasuhnya karena mudik hari raya Lebaran. Masih ada waktu nih untuk mengajarkan anak sebelum benar-benar ditinggalkan pengasuhnya. Kalau anak sudah bisa mandiri, otomatis akan meringankan pekerjaan para mommies juga kan.

Berikut ada 4 hal untuk membantu mengajarkan anak Anda mandiri :

  1. Berikan anak beberapa tanggung jawab. Mintalah anak-anak Anda untuk menyelesaikan beberapa urusan pekerjaan rumah yang sesuai. Misalnya merapikan tempat tidur mereka sendiri. Tunjukkan terlebih dahulu pada mereka bagaimana melakukan tugas dengan benar, kemudian melangkah mundur dan membiarkan mereka menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  2. Biarkan anak Anda gagal sekali-sekali. Hal ini untuk membantu agar si anak perlu tahu seperti apa kegagalan dan bagaimana menghadapinya.
  3. Membangun rutinitas. Buatlah setiap hari mereka melakukan pekerjaan yang sudah dikerjakan. Hal ini untuk membantu agar mereka tahu tugas mereka tanpa harus diberitahu lagi.
  4. Berikan dukungan pada si anak pada waktu mereka mengerjakan tugasnya. Dan biarkan si anak tahu kalau Anda percaya padanya.

Tips untuk orang tua:

  • Selalu memuji anak Anda untuk belajar mandiri dan jangan terlalu khawatir tentang hasil akhir. Jika dibutuhkan 15 menit untuk balita Anda untuk berpakaian dan dia menaruh bajunya di belakang, bersabarlah dan katakan padanya Anda bangga ia telah berusaha. Tunjukkan padanya bagaimana melakukannya dengan benar dan coba lagi besok.
  • Jadilah teladan bagi anak Anda. Karena mereka akan melihat apa yang Anda lakukan sebagai contoh untuk ia lakukan di kemudian harinya.

Namanya juga proses belajar, ada yang langsung berhasil ada yang gagal. Yang penting kita harus bersabar dan yakin kalau anak Anda pasti berhasil. Apalagi kalau yang anak Anda lakukan seperti gambar di bawah ini, ehmmm sepertinya dosis kesabaran harus ditingkatkan ya.. :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.