Melbourne Dinobatkan sebagai Kota Layak Huni Terbaik Tiga Kali Berturut-turut

0
1532
The bright lights of Melbourne

Melbourne: Pusat makanan dan minuman halal ramai di sepanjang kota

Menurut gambar hasil Economist Intelligence Unit’s (EIU) Global Liveability Survey terbaru, Melbourne kembali menempatkan diri sebagai kota yang paling layak huni di seluruh dunia. Pencapaian ini merupakan yang ketiga kalinya secara berturut bagi ibukota Negara Bagian Victoria, Australia tersebut. Melbourne berada di puncak influental index, setelah sebelumnya menyabet gelar kota layak huni terbaik dari Vancouver, yang sempat menempati posisi tersebut selama hampir satu dekade. Sebelumnya, Melbourne secara konsisten berada di posisi tiga teratas dari 140 kota yang terdaftar.

The bright lights of Melbourne
The bright lights of Melbourne

Pemeringkatan yang dilakikan EIU Liveability, merupakan bagian dari Worldwide Cost of Living Survey, yang menilai kondisi layak huni 140 kota di seluruh dunia untuk menetapkan peringkat berdasarkan di lima kategori utama, yaitu: stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur.

Komisaris Victoria untuk Asia Tenggara Tim Dillon menyambut pencapaian ini dan mengungkapkan “Melbourne secara resmi merupakan tempat terbaik untuk hidup di dunia. Sebuah fakta yang selama ini hanya disadari oleh masyarakat Melbourne selama bertahun-tahun.”

“Kami menikmati kualitas hidup terbaik secara global. Keragaman budaya, paduan olahraga dan hiburan digabungkan dengan layanan kesehatan dan pendidikan kelas atas. Selain itu, lingkungan bisnis Melbourne adalah salah satu yang paling stabil dan produktif di dunia,” ujar Komisaris Dillon.

Melbourne meraih nilai tinggi dalam semua kriteria EIU dan mencapai nilai sempurna di bidang layanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Investasi berkelanjutan dalam infrastruktur menjadi catatan penting dalam membawa Melbourne berada para posisi teratas index.

Berita ini muncul hanya beberapa pekan setelah majalah Monocle menempatkan Melbourne sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik kedua di dunia – naik dari posisi kelima pada 2012. Konsistensi Melbourne memperbarui dirinya dengan bangunan baru yang inovatif dan munculnya berbagai restoran menjadi referensi di dalam laporan Monocle. Majalah tersebut mengatakan “Daya tarik Melbourne diimbangi dengan gagasan-gagasan pintar yang terlihat di kota” ketika membahas tentang investasi yang signifikan dalam infrastuktur dan jalur sepeda.

Melbourne cafes
Melbourne cafes

Melbourne terkenal akan kualitas hidup yang tinggi, dengan keragaman budaya, kesenian terkemuka, pusat wine dan kuliner dunia, serta tempat perbelanjaan dan hiburan terbaik di Australia.

Selain itu terdapat restoran, kafe dan toko-toko ritel di seluruh Melbourne yang melayani atau menjual makanan Halal. Pengunjung Muslim ke Melbourne akan sangat senang dapat menemukan pusat makanan dan minuman halal yang ramai di Sidney Road, Brunwick dan di sepanjang kota.

Melengkapi gaya hidup yang beragam, Melbourne merupakan tuan rumah bagi sejumlah acara kebudayaan dan olahraga paling bergengsi di dunia – yang secara konsisten berada di peringkat teratas dunia sebagai salah satu Ultimate Sporting Cities dalam SportBusiness Awards.

Tim Dillon, Victorian Commissioner to SEA
Tim Dillon, Victorian Commissioner to SEA

“Pemerintah Victoria terus mendukung perkembangan berbagai acara internasional yang dapat menarik pengunjung internasional sepanjang tahun,” ujar Komisaris Dillon.

“Selain itu, tenaga kerja yang terampil dan inovatif di Melbourne dapat menciptakan lingkungan bisnis yang kompetitif dan membuat Melbourne sebagai salah satu kota yang paling dinamis di dunia,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.