Menyaksikan Barongsai dan Mitos dibalik imlek

0
4358

Chinese Lunar New Year (atau dikenal dengan sebutan Imlek) punya dua makna buat keluarga saya: Dim Sum dan Barongsai! Dari sejak anak pertama saya berusia 5 tahun, kami selalu menyempatkan waktu untuk menyaksikan Barongsai, tarian tradisional negeri Cina yang menggunakan kostum menyerupai singa.Tariannya penuh dengan gerakan akrobatik, ini yang membuat kami, terutama anak saya menyukai pertunjukan tersebut. Apalagi saat penonton diberi kesempatan untuk memberikan angpao ke barongsai yang menari-nari.

Mitos seputar Chinese Lunar New Year

Sedikit berbagi tentang perayaan terpenting orang Tionghoa ini. Ada mitos mengatakan (menurut legenda), dahulu kala, ada seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka pada awal tahun. Ini dipercaya bisa mencegah raksasa tersebut untuk menyerang atau mencuri ternak dan hasil Panen.

Pada suatu waktu, penduduk melihat bahwa raksasa tersebut lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa ia takut akan warna merah. Makanya setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu.

Entah benar atau tidak, namanya juga mitos tapi tetap menarik untuk diketahui sebagai sebuah cerita (info wikipedia)

Tips

Tempat favorit kami adalah Plaza Senayan. Kenapa? Karena lokasinya yang di tengah kota. Selain itu atrium untuk penonton lumayan nyaman.

Usahakan untuk datang lebih pagi agar dapat tempat yang nyaman dan strategis untuk menonton bagi anak-anak.

Kalau dapat tempat di depan kan nontonnya jadi lebih seru :)

Jangan lupa bawa uang kecil untuk dimasukkan ke mulut Barongsai. Selain untuk mendatangkan keberuntungan (good luck), momen ini disukai anak-anak loh.

Biasanya acara Barongsai mulai siang, sekitar jam 2 siang. Jadi pastikan anak-anak sudah selesai makan siang.

Karena musik pertunjukan sangat kencang, buat anak-anak yang masih terlalu kecil, kadang suka takut. Jadi bisa saja, sebelum ke lokasi, anak-anak sudah diberitahukan lebih dulu tentang suasana yang akan dilihat supaya mereka tidak kaget.

Kalau ingin lebih tahu tentang Barongsai, bisa masuk ke wikipedia.

Dan terakhir, have fun and Gong Xi Fat Choi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.