Menyusuri dan mengenal jl. Surya Kencana Bogor

2
35910
Awal Jalan Surakencana

Berkunjung ke kota Bogor tentunya tidak lengkap kalau belum mampir ke Jl. Surya Kencana (map). Inilah salah satu tujuan kuliner favorit. Begitu banyak titik jajanan sepanjang jalan ini.

Namun kali ini saya tidak hanya berbicara tentang kuliner di Surya Kencana, tetapi juga menunjukkan beberapa titik menarik yang ada di sepanjang jalan ini.

Jika dari Stasiun Bogor, Anda bisa naik angkutan umum bernomor 02 jurusan Sukasari-Bubulak. Kendaraan pribadi pun dapat melintasi kawasan tersebut (detik travel)

Pasar Bogor


Jalan Surya Kencana terletak di depan pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor. Memasuki jalan ini biasanya akan berhadapat dengan macet. Maklum, di awal jalan terdapat pasar Bogor. Jangan buru-buru melewati pasar ini, banyak tempat menarik yang mungkin perlu diketahui:

Deretan Kios Bunga

Di samping pasar Bogor, ada deretan penjual bunga. Nah, jika sewaktu-waktu anda memerlukan seikat bunga indah, langsung saja mampir di sini, di samping Pasar Bogor.

Deretan Kios Bunga

Vihara Mahacetya Dhanagun

Selain pedagang bunga, juga terdapat titik Wisata Budaya, yaitu bangunan Vihara Mahacetya Dhanagun. Vihara yang berdiri sekitar tahun 1672 M atau di awal abad 18 M ini juga dikenal dengan nama Hok Tek Bio. Meskipun saat ini Hok Tek Bio merupakan suatu vihara namun di dalamnya tetap diizinkan praktek-praktek kepercayaan masyarakat Cina, seperti Konfusianisme, dan Taoisme (info: jabarprov.go.id)

Vihara Mahacetya Dhanagun.

Toko Jaya Makmur

Tidak jauh dari pasar Bogor, anda akan menemukan Toko Jaya Makmur. Letaknya di sebelah kiri jalan. Jika ingin membeli perlengkapan rumah tangga dan lain-lain, di sini tempatnya. Toko Jaya Makmur berdiri sudah cukup lama dan menjadi tempat favorit mayoritas masyarakat Bogor.

Toko Jaya Makmur.

Masuk toko ini pasti ada saja yang dibeli, entah itu perlengkapan dapur, perkakas, gelas sampai pernak-pernih kecil lainnya. Mungkin karena barang yang disediakan banyak dan harganya tidak mahal. Murah meriah :)

Toko Grand dan Ngesti

Lanjut berjalan sedikit dari Toko Jaya Makmur, Anda akan menemukan toko swalayan GRAND dan NGESTI yang terkenal di Bogor sejak lama, bahkan mungkin sebelum saya lahir.

Toko Ngesti.
Toko Grand.

Yang membuat saya suka berbelanja di tempat ini adalah, suasananya yang masih seperti swalayan tempo dulu. Tidak seperti toko-toko swalayan modern saat ini. Kalau sedang berlibur ke Bogor, coba beli keperluan / perlengkapan liburan di sini.

Jajanan di samping Toko Ngesti

Keluar dari Toko Ngesti, coba tengok jalan kecil di sampingnya. Wow, banyak juga loh penjual makanan dan jajanan di sini. Mulai dari jajanan kue, mie ayam, soto mie, Lo Mie, dll. Biasanya paling enak makan di sini pagi hari untuk sarapan, sebelum melanjutkan perjalanan.

Jalan kecil di samping toko Ngesti: banyak juga loh penjual makanan dan jajanan di sini.

Apotik Rosalina

Siapa yang tidak kenal dr. Suryawinata yang praktek di Apotik Rosalina? Mayoritas masyarakat Bogor berobat ke sini sejak dari kecil.

Apotik Rosalina.

Ok, sekarang saatnya memasuki bagian kuliner dari jl. Surya Kencana.  Buat saya sih patokannya, setelah melewati apotik Rosalina, maka mulailah bersiap menjajal beragam kuliner Bogor yang terkenal.

Note: Tempat-tempat yang ditunjukkan pada keterangan berikut adalah setelah melewati Apotik Rosalina:

Nasi Goreng Guan Tjo

Bagi penggemar nasi goreng pete, di sebelah kiri jalan bisa mampir ke rumah makan Guan Tjo. Tersedia nasi goreng pete dan sate sapi pak Oo. Enak! Bisa makan di tempat atau hanya sekedar beli untuk dibawah pulang.

Guan Tjo

Soto Kuning (khas Bogor) Pak Yusuf

Masih pada deretan jalan sebelah kiri, ada penjual Soto Kuning Pak Yusuf. Recommended! Enak dan terkenal di Bogor! Namun karena tempatnya yang kecil dan meja yang terbatas, jadi agak sulit untuk dapat makan di tempat. Jadi kalau pas penuh, sebaiknya dibawa pulang atau makan di mobil.

Wedang Ronde gang Aut

Tidak jauh dari Soto Kuning Pak Yusuf, coba cicipi Wedang Ronde yang menyediakan beragam bubur. Enak saat di santap kalau pas gerimis. Bisa coba juga Bubur Sagurangi or Jali-jalinya. Tempat ini selalu ramai dan tentunya hal ini menandakal kalau makanan di tempat ini memang enak.

Wedang Ronde gang Aut.

Soto Kuning Pak Yusup

Nah, kalau tadi ada Soto Kuning Pak Yusuf, tidak jauh dari situ ada juga Soto Kuning Pak Yusup. Jangan tertukar ya :) walau memang sama-sama enak dan sama-sama jadi rebutan pecinta kuliner. Bedanya hanya, di sini hampir tidak terdapat tempat untuk makan di tempat. Jadi sebaiknya makanan dibawa pulang atau makan di mobil.

Soto Kuning Pak Yusup.

Sate Khas Madura

Mau tahu penjual sate yang terkenal di Jl. Surya Kencana? Inilah tempatnya. Sudah sejak lama digemari. Tadinya hanya berupa gerobak sate kecil, tapi sekarang sudah berbentuk rumah makan. Ada sate ayam, sapi dan kambing, juga lengkap dengan sop. Dagingnya besar-besar, lembut dengan bumbu kacang yang ok banget. Recommended!

sate Madura.

Martabak Manis gang Aut

Mau tahu penjual martabak manis yang digemari di jl. Surya Kenana? Ini tempatnya dan terkenal sudah sejak lama. Gerobaknya tepat berada di ujung jl. Surya Kencana dan gang Aut (jangan sampai salah ya).  Siapa cepat dia dapat, karena martabak yang dijual sering cepat habis terjual.

Martabak Manis gang Aut.

Jajanan Cakue Sukabumi dan Onde-onde

Kalau kapasitas perut masih luas dan masih ingin ngemil, bisa coba cari penjual onde-onde dan cakue di deretan ini. Enak dan nagih :)

Bakso Malang Putra Arema

Letaknya di seberang Gang Aut. Boleh coba bakso bakarnya yang yummie, atau bagi yang senang makanan bedas bisa pesan Bakso Demit Malang … enak dan pedas!

Bakso Malang Putra Arema.

Bubur Ayam Madura

Letaknya di sebelah kanan jalan. Jadi, sekarang kita nyebrang untuk menikmati kuliner di deretan lain jl. Surya Kencana – tetap masih di seputar gang Aut ya. Walau tempat tidak terlalu besar, tapi banyak yang pesan. recommended untuk nge-bubur sore-sore.

Bubur Ayam Madura.

Es Pala dan Es Kelapa

Buat yang ingin cari minuman yang segar-segar, bisa langsung pesan es pala tau es kelapa di sini. Segeran khas Bogor dan penting dicoba!

Es Pala dan Es Kelapa.
Dan masih banyak jajanan lainnya. Jadi, Jl Surya Kencana tidak hanya asyik untuk berwisata kuliner di Bogor, tetapi ada juga titik-titik menarik lainnya yang menarik.

2 COMMENTS

  1. Ada Bakmi Karet seperti mie alok lho…enak banget di depan smp regina pacis bogor. Menu nya wotie, nasi tim, swekiau juga ada baso goreng dan pacamke ada juga liang teh..harga dan serta juga tempatnya higienis lho..recommended banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.