Perhatikan 4 langkah ini sebelum bepergian dengan pesawat

0
290
Photo by Ina Carolino on Unsplash

Penerbangan khusus atau exemption untuk keperluan non mudik kembali dibuka sejak pada 7 Mei 2020. Selain beberapa ketentuan yang harus dipenuhi calon penumpang sebelum diizinkan terbang, ada hal umum yang cukup penting untuk kita perhatikan.



Berikut adalah beberapa rangkuman yang coba kami ambil dari beberapa sumber.

1. Tentukan apakah perjalanan ini perlu atau tidak.

Evaluasi toleransi anda terhadap risiko dan ketidaknyamanan yang akan dialami. Anda harus disiplin melindungi diri dan mengurangi tingkat penularan virus, seperti tetap menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak sosial.

2. Persiapkan mental. Jangan stress.

Penerbangan di musim corona bukanlah pengalaman rileks. Penumpang lain yang duduk di sebelah anda mungkin akan bersin atau batuk, dan ini dapat menyebabkan anda cemas. Jadi sebelumnya anda harus siap menghadapi tekanan mental dari lingkungan yang tidak sepenuhnya dapat Anda kendalikan.

3. Gunakan masker saat terbang.

Garuda Indonesia mewajibkan setiap penumpang menggunakan pelindung mulut dan hidung atau masker selama penerbangan kecuali saat makan atau minum. Masker Anda harus menutupi hidung dan mulut dan tidak terlalu longgar. Pastikan tangan Anda bersih saat mengenakan dan melepas masker, dan selalu cuci atau bersihkan tangan setelah melepas topeng Anda.

4. Jarak sosial selama penerbangan.

Orang-orang yang duduk di lorong lebih mungkin untuk melakukan kontak dengan penumpang dan anggota kru lainnya. Para penumpang di dekat jendela juga mengalami hal yang sama saat akan bangun untuk menggunakan kamar kecil. Anda tidak punya banyak pilihan. jadi pilih di kursi duduk di mana saja yang paling jauh dari yang lain.

Catatan Kompas.com (3 Mei 2020), ada dua maskapai penerbangan Indonesia yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air Group telah menerapkan social distancing dalam perjalanan udaranya.

Melihat situs resmi Garuda Indonesia, sejak 21 Maret 2020, maskapai ini telah menerapkan social distancing dalam penerbangan. Kursi pada pesawat Garuda Indonesia telah diatur guna menerapkan sosial distancing selama penerbangan dan telah dibersihkan dengan cairan desinfektan sebelum penerbangan.

Sedangkan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air) juga telah menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemi Covid-19 termasuk pengaturan jarak aman antartamu atau penumpang di kabin pesawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.