Pulau Komodo: Satu dari 7 Keajaiban Alam Baru

1
438

Pulau Komodo merupakan salah satu objek wisata di Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Atraksi favorit di tempat wisata ini yaitu mengamati Komodo di habitat aslinya.

Aktivitas utama di objek wisata ini tentu saja melihat fisik Komodo, satwa purba kebanggaan Indonesia. Mendapat suguhan utuh tentang Komodo, wisatawan dapat memahami segala aktivitas hidupnya. Berinteraksi dengan satwa berkulit keras dan cakar tajam ini, wisatawan harus didampingi ranger.

Wisatawan juga dapat berpose dengan kadal raksasa ini dengan bantuan ranger yang membuatnya terlihat dekat. Berada di Taman Nasional Komodo, pendiriannya bertujuan melindungi Komodo dan flora sekitarnya dari kepunahan. Populasi Komodo (varanus komodoensis) tercatat mencapai 3.012 ekor dan stabil dari ancaman kepunahan.

Satu dari 7 Keajaiban Alam Baru (The New 7 Wonder of Nature)

Tahun 1997 Taman Nasional Komodo (Komodo National Park) masuk dalam daftar 7 Keajaiban Alam dan menjadi situs Warisan Dunia versi UNESCO.

Taman Nasional Komodo terletak di Kepulauan Sunda Kecil di wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Ada 29 pulau yang membentuk taman, meskipun hanya tiga di antaranya yang dianggap sebagai taman besar.

Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 sebagai tempat perlindungan Komodo dan spesies lain, termasuk spesies laut.

Situs web terkait:
https://nature.new7wonders.com
https://www.komodonationalpark.org
https://whc.unesco.org

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.