Tips Menikmati Wisata Kuliner Pinggir Jalan

0
2814

Saat berwisata, kesehatan harus terus terjaga. Untuk bisa mencicipi makanan yang lezat, tidak harus ke restoran mewah. Wisata kuliner di pinggir jalan juga seru. Kadang tenda-tenda yang menjual makanan di pinggir jalan membuat suasana makan jadi makin seru. Selain merasa bosan dengan makanan yang dijual di restoran, wisatawan biasanya memilih kuliner pinggir jalan karena harganya yang murah.

Sebuah data dari Amerika Serikat yang dikeluarkan U.S. Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa lebih dari 10 juta pelancong yang melakukan perjalanan wisata keluar negeri jatuh sakit, umumnya diare, akibat mengonsumsi suatu minuman atau makanan.  Agar perburuan makanan lebih nyaman, perhatikan dulu tips berikut ini yah:

1. Rekomendasi dari teman atau media

Mencoba sesuatu yang baru memang membuat kita bertanya-tanya. Untuk soal makan, hal ini sebaiknya sangat diperhatikan. Daripada kecewa di ujung, lebih baik datang ke warung di pinggir jalan berdasarkan rekomendasi dari teman atau keluarga. Selain itu rekomendasi tempat makan juga bisa dari berbagai media. Saat ini sudah banyak media cetak dan elektronik yang mengulas banyak perihal wisata kuliner.

2. Ramaikah tempat itu

Saat mencari warung pinggir jalan di sebuah destinasi, cara termudah adalah melihat kerumunan pembeli. Penduduk lokal pun pasti akan jatuh sakit jika makan makanan yang tidak higienis dan tak akan kembali lagi ke warung makan yang dicurigai membuat mereka sakit. Jadi, pilih warung yang ramai.

3. Perhatikan kebersihan tempat

Sebelum enaknya makanan, kebersihan jadi hal yang sangat penting. Sebelum masuk dan memutuskan untuk memesan makanan, perhatikan dulu kebersihan tempat. Makan di pinggir jalan bukan berarti melupakan faktor yang satu ini. Jangan sampai setelah makan malah sakit perut yang Anda dapatkan karena tempatnya yang kotor.

4. Cek harga

Makanan pinggir jalan identik dengan harganya yang miring. Sebelum makan, ada baiknya Anda untuk cek harga terlebih dahulu. Jika harga yang dibanderol dinilai wajar, baru pesan makanan yang Anda inginkan. Jangan sampai setelah makan Anda ‘ditembak’ dengan harga yang mahal.

5. Gunakan Sedotan

Di tempat-tempat makan yang tak terlalu terjamin kebersihannya, biasakan menggunakan sedotan saat minum. Hindari meminum langsung dari bibir gelas maupun menegak langsung dari botol. Namun, perhatikan pula apakah sedotan yang disediakan adalah sedotan yang masih baru.

6. Bersihkan peralatan

Kuman hidup lebih lama di benda-benda tak berpori seperti plastik. Sebelum makan bersihkan terlebih dahulu meja makan dan perlatan makannya.

7. Sedia Tisu basah / Hand sanitizer

Warung di pinggir jalan mungkin tidak semuanya menyediakan fasilitas pembersih tangan. Setelah makan, tangan yang kotor biasanya hanya dicuci dengan semangkuk air saja. Hal tersebut tentu bukan suatu yang benar. Nah, maka dari itu, siapkan dulu pembersih tangan seperti hand sanitizer atau tisu basah yang bisa Anda beli di mini market.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.