5 Langkah Hindari Stress saat Perjalanan Udara bersama Anak

0
2397

Ide melakukan perjalanan udara bersama anak-anak bisa membuat para orang tua stres. Bayangkan betapa lelahnya membawa barang yang banyak sambil harus memperhatikan anak-anak yang berada di belakang / samping. Dan ini harus dilakukan dengan tenang (tanpa panik) selama berjam-jam. Selalu ingat bahwa perjalanan liburan kali ini harus dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, termasuk Anak dan orang Tua itu sendiri.

Berikut ada beberapa cara bagi para orang tua saat bepergian dengan pesawat terbang bersama anak-anak :

  1. Kereta Balita (Stroller) yang Nyaman dan Praktis
    Bepergian dengan kereta balita (stroller) memang repot, tapi coba bandingkan lebih repot mana bila Anda harus terus menggendong balita selama perjalanan? Saat ini beraneka ragam kereta bayi sudah semakin banyak, Anda bisa memilih mana yang paling nyaman untuk dibawa saat liburan. Pilih yang tidak terlalu besar, tidak terlalu berat dan nyaman untuk anak.
  2. Selalu Ingat Pengaman Telinga (Ear Savers)
    Pada saat tinggal landas atau mendarat, coba berikan anak / balita minum dari botol atau dot. Aktifitas menghisap dapat membantu mereka terhindar dari sakit kuping. Kalau posisi balita sedang tidur, Anda bisa menyelipkan kapas untuk menutupi bagian kuping.
  3. Suguhan Cemilan / Makanan Ringan
    Bawalah beberapa makanan ringan / cemilan favorit anak Anda, seperti biscuit atau kotak jus kecil. Jangan lupa sediakan tissue basah di dekat Anda.
  4. Sertakan Mainan Kecil
    Sediakan mainan kecil yang tidak terlalu bising bagi anak untuk bermain selama penerbangan. Jika waktu penerbangan adalah selama tidur siang, cobalah untuk menjaga jadwal itu.
  5. Sediakan Ruang yang Lega (Stretching Room)
    Jika penerbangan tidak terlalu penuh, pastikan untuk meminta kursi kosong di sebelah Anda kepada petugas penerbangan. Sehingga anak bisa duduk di sana setelah lepas landas dan memiliki ruang gerak lebih banyak dari sekedar di pangkuan Anda saja.

Selamat berlibur :)

 

Sekarang Giliran Anda

Apakah Anda mempunya cara atau trik khusus lain yang bisa ditambahkan? Yuk, berbagi ide melalui bagian komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.