Travel dan Volunteer? Kenapa tidak!

0
3597

Kita semua pasti punya mimpi untuk keliling dunia, tentunya dengan alasan yang beragam: Apakah itu untuk bersantai di pantai pasir putih, sekedar ingin mencoba tantangan / suasana baru, menikmati keragaman budaya atau sekedar teman baru. Dan Volunteer Vacations bisa jadi salah satu cara atau pilihan untuk mewujudkan semua ini.

Volunteer Vacations adalah cara unik, tidak hanya untuk berkeliling dunia, tetapi sekaligus membantu kehidupan dunia menjadi lebih baik, terutama untuk isu-isu serius yang dihadapi di seluruh dunia.

Big Beyond org: Building the Big Beyond bigger picture in Uganda
Big Beyond org: Building the Big Beyond bigger picture in Uganda

Beberapa orang (mungkin) tidak terlalu tertarik dengan Volunteer Vacations, karena menurut mereka gagasan voluntourism jauh dari tujuan utama wisata. Namun tanpa kita sadari, beberapa bagian yang paling indah di dunia sebenarnya membutuhkan bantuan, seperti: konservasi laut di Seychelles (Perancis), satwa liar di Afrika Selatan dan lain sebagainya – yang jika didaftar tidak akan ada habisnya.

Manfaat besar bagi voluntourism adalah, Anda memiliki kesempatan luas untuk mengeksplorasi dunia. Bahkan lebih luas dari yang dialami seorang backpacker awam. Anda menjadi bagian dari sebuah kelompok berpengalaman yang menyenangkan dan benar-benar mengubah hidup.

5 Tips untuk mencari Volunteer Vacations

Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan ikut dalam program Volunteer Vacations.

1. LakukanĀ  Penelitian:
Cari informasi tentang organisasi yang menawarkan program Volunteer Vacations. Pastikan apakah Anda cocok dengan organisasi tersebut. Jika organisasi itu mengaku sebagai badan nirlaba, pastikan untuk memverifikasi klaim tersebut.

Hal terpenting lainnya adalah, Anda harus mencari informasi tentang lokasi project tempat yang ditawarkan sebagai tempat Anda bekerja.

2. Mulailah banyak bertanya:
Poin ini tidak dapat disepelekan. Ingat, Anda akan menghabiskan waktu lama dengan orang asing di lokasi yang juga asing. Anda perlu mengetahui apa yang akan Anda hadapi, terutama jika Anda berencana untuk pergian ke luar negeri. Ajukan pertanyaan, seperti:

  • Apakah teman-teman dan keluarga bisa menghubungi saya?
  • Bagaimana dengan keamanan saya?
  • Apakah organisasi tersebut menyediakan asuransi untuk saya (dalam negeri dan luar negeri)?
  • Dan lain sebagainya.

Pada akhir pertanyaan, Anda harus benar-benar merasa yakin dengan pilihan Anda. Satu hal yang jangan sampai Anda lupakan adalah, Talk With People Who’ve Done the Work Before [source: Allen].

3. Pastikan Anda tetap mendapat berita terkini:
Jika Anda bekerja untuk project anak-anak sekolah, Anda mungkin ingin tetap berhubungan dengan mereka. Jika Anda bekerja untuk project pembangunan gedung atau jalan, Anda tentu ingin melihat bagaimana perkembangan project di tahun mendatang.

Jika organisasi yang Anda pilih bersedia untuk memberikan informasi ini, itu biasanya pertanda baik dan sekaligus menunjukkan bahwa organisasi tersebut memiliki komitmen dihadapat para relawannya.

4. Pastikan Anda mendapat keahlian baru nantinya:
Salah satu keuntungan mengikuti Volunteer Vacations adalah, Anda mendapat kesempatan untuk belajar keterampilan dan ilmu baru. Menemukan hal baru yang Anda nikmati dapat membuat Volunteer Vacations lebih terasa seperti liburan, bukan pekerjaan.

5. Persiapkan Budget:
Terqakhir adalah, membuat anggaran. Tentu, beberapa pengeluaran Anda akan dibiayakan, tetapi tidak semua – terutama untuk tiket pesawat, souvenir dan hal-hal yang bersifat pribadi lainnya [sources: CNN; Allen]

Beberapa wesite berguna untuk Volunteer Vacations

Volunteer Rachel Lindy poses with her students in Namibia.
Volunteer Rachel Lindy poses with her students in Namibia.
Alexander Drummond teaching Kindergarteners in Peru.
Alexander Drummond teaching Kindergarteners in Peru.
Llamas carry equipment during a Volunteer Vacation trip.
Llamas carry equipment during a Volunteer Vacation trip.

 

Memilih Volunteer Vacations, berarti Anda memiliki kesempatan besar tidak hanya untuk jalan-jalan, tetapi juga membantu orang lain.

Sekarang giliran Anda

Apakah Anda pernah punya pengalaman Volunteer Vacations? Atau informsi lain terkait dengan Volunteer Vacations? Yuk berbagi melalui form di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.