Trik Belanja Online

0
2873

Di era digital, yang namanya belanja online mulai menjadi gaya hidup banyak wanita. Tidak perlu repot datang ke toko untuk membeli barang. Tinggal klik klik klik.. sudah bisa dapat yang diinginkan.

Namun juga perlu mengetahui trik belanja online yang tepat agar bisa dapat barang dengan kualitas baik dengan harga murah.

Berikut beberapa trik belanja online yang dikutip dari Sheknows

1. Jangan malas browsing

Teruslah mencari-cari website belanja yang paling baik. Untuk membeli barang-barang dari label dan brand ternama sebaiknya langsung menuju website asli mereka. Jadi barang yang dibeli terjamin keasliannya.

2. Jangan malas membandingkan harga

Saking banyaknya situs belanja online yang hadir, jadinya mereka menjual barang yang sama. Kamu tidak boleh malas membandingkan harga untuk mendapatkan penawaran harga yang terbaik.

3. Pastikan reputasi penjual

Jangan tertipu dengan harga murah atau photo barang yang menarik. Perhatikan reputasi si penjual. Biasanya toko online akan memperlihatkan pendapat (comment) para pelanggan sebagai pendongkrak reputasinya. Pilihlah penjual yang memiliki testimoni baik di mata pembelinya.

4. Sebutkan ukuranmu secara rinci

Saat ingin belanja keperluan fashion seperti baju dan sepatu, pastikan untuk menyebutkan ukuran dengan detail dan tepat. Jangan hanya menyebutkan ukuran baju (S, M, L) atau ukuran sepatu (37 atau 38). Ada baiknya tambahkan dengan ukuran lingkar dada, pinggang atau panjang kaki dalam satuan centimeter. Si penjual pun bisa menyarankan ukuran yang tepat bagimu. Kelemahan dalam berbelanja online, kamu tidak bisa mencoba barang yang akan dibeli sehingga harus lebih detail dan teliti.

5. Cek kebijakan penjualan

Periksa dengan teliti ketentuan dari tiap penjual. Coba cari tahu, apakah ada kebijakan untuk hal-hal seperti barang boleh ditukar dan lain sebagainya, sehingga tidak kecewa nantinya.

6. Teliti cara pembayaran

Di Indonesia, transfer via bank adalah pembayaran yang paling umum. Namun jika belanja di situs luar negeri, mereka menyediakan pembayaran dengan kartu kredit. Untuk ini kamu harus lebih berhati-hati. Kini ada pelayanan pembayaran (seperti PayPal) yang menjamin uang kamu akan kembali jika barang yang dibeli tidak sesuai pesanan.

7. Perhitungkan biaya pengiriman

Jika belanja lewat situs luar negeri, biasanya barang yang ditawarkan memang lebih murah. Namun biaya pengirimannya jauh lebih mahal. Perhitungkan benar harga barang yang ditambahkan dengan biaya pengirimannya. Apakah masih sebanding, atau justru malah rugi?

Selamat belanja online ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.