200 museum di Indonesia menggelar pameran bareng

0
11671

Apa jadinya kalau 200 museum di Indonesia menggelar pameran bareng? Beragam artefak langka mulai dari naskah kuno sampai benda prasejarah, tumplek blek di satu tempat.

Untuk traveler pecinta wisata sejarah, akhir bulan ini akan diadakan Gelar Museum Nusantara. Anda bisa melihat beragam artefak dari 200 museum di seluruh Indonesia, termasuk naskah asli proklamasi RI. Cool!

Acara ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi museum sebagai wadah untuk memperoleh ilmu melalui benda-benda bersejarah. dan menjadi wadah perwakilan museum di Indonesia.

Rencananya, Gelar Museum Nusantara akan digelar mulai tanggal 22-25 November 2012 di Jakarta Convention Center. Mengusung tema “Rumah Peradaban Nusantara”, pameran ini berlangsung di bawah Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beragam koleksi dari museum Indonesia akan dipajang. Pameran ini akan dibagikan menjadi 3 bagian, yaitu Kronologis, Perkembangan Museum, dan Ruang Informasi Publikasi.

Di bagian Kronologis, traveler bisa melihat berbagai barang yang ada sejak zaman Prasejarah, kerajaan, dan perjuangan kebangsaan. Di ruang pameran Zaman Prasejarah, Anda akan dihadapkan dengan koleksi masa prasejarah, seperti alat berburu, alat menangkap ikan, fosil, dan lain-lain.

Masuk ke ruang Zaman Kerajaan, berbagai artefak masa perjuangan melawan penjajah dipampang di sini. Pindah ke ruang Zaman Perjuangan Kebangsaan, wisatawan yang datang bisa melihat surat-surat perjanjian dan simbol-simbol perjuangan bangsa.

Dari bagian pertama, kini pindah ke bagian kedua, yaitu ruang Perkembangan Museum. Anda akan disuguhkan dengan perkembangan museum di Indonesia sejak berdirinya museum pertama di Indonesia hingga kini. Masuk ke ruang ketiga, Anda bisa melihat koleksi seluruh museum di Indonesia.

Tak hanya pameran, Gelar Museum Nusantara juga memiliki rangkaian acara menarik seperti talkshow, pemutaran film, dan workshop. Untuk lebih menarik perhatian, Gelar Museum Nusantara juga mengadakan lomba mirip tokoh pahlawan, lomba foto melalui Instagram, dan lomba edukatif.

Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi Anda yang senang mengajak ana-anak ke museum untuk belajar tentang sejarah. Kapan lagi datang ke 1 tempat, tapi bisa menikmati barang-barang yang disimpan dari 200 museum yang tersebar di Indonesia.

sumber: detiktravel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.