Berburu Air Terjun: Sentul Paradise Park

2
8865

Gara-gara nonton film Up, Titan jadi punya cita-cita ingin pergi ke Angel Falls di Venezuella. Well, jauhnya. Nah, setelah cari informasi kiri-kanan akhirnya ketemu juga air terjun yang dekat dengan Jakarta. Pun, enggak perlu repot mendaki gunung dan membelah hutan untuk menemukannya.

Air terjun ini dekat sekali, tepatnya di daerah Sentul. Dulu namanya air terjun Cikoneng. Setelah dikelola berganti nama menjadi Sentul Paradise. Air terjun ini mudah sekali dijangkau. Kalau dari Jakarta tinggal masuk tol lalu keluar di Sentul City, kalau enggak salah kilometer 36. Lurus aja terus menuju bukit pelangi dan dari situ ada pentunjuk-petunjuknya.

Dari Bukit Pelangi kepiawaian menyupir mulai diuji karena jalanan yang berbatu, curam dan belum diaspal. Kalau ke sana, pastikan aja tidak sedang musim hujan karena takutnya jalanan menjadi licin dan ban bisa ‘selip’. Tapi jangan khawatir, karena di sepanjang jalan banyak orang yang siap membantu jikalau tiba-tiba mobil yang kita tumpangi tidak kuat menanjak. Saya sendiri saat ke sana menggunakan mobil sedan dan Alhamdulillah baik-baik saja.

Kompleks wisata air terjun Sentul Paradise ini ternyata sudah dikelola dengan baik. Harga masuknya juga relative murah: Rp. 25.000,- untuk akhir pekan (Weekend) dan Rp. 10.000 untuk mobil. Selain itu, ada juga sih pungli-pungli yang bisa kita kasih seikhlasnya.

Di sekitar air terjun terdapat kolam besar sehingga anak-anak aman untuk bermain dan berenang-renang. Di tengahnya ada batu meteor buatan berukuran besar yang seolah-olah terbelah oleh air terjun. Di sana juga disewakan ban besar untuk berenang ala waterboom. Sewanya tidak terlalu mahal, Rp. 15.000,- untuk yang single dan Rp. 20.000,- untuk yang double.

Selagi anak-anak bermain air, kita bisa duduk-duduk di saung-saung di sekelilingnya. Ada dua saung yang tersedia: Pertama adalah saung berbentuk seperti rumah panggung yang terletak di daerah yang lebih tinggi seharga Rp. 50.000,- per dua jam. Saung jenis kedua terletak di sepanjang kolam, dengan harga sewa yang lebih murah yaitu Rp. 35.000,- per dua jam.

Di sini juga ada kantin, tapi saran saya sih bawa makanan sendiri karena yang disajikan di sini kurang enak. Kemarin saya pesan nasi goreng dan sup iga.Yang nasi goreng gagal total, yang sup iga yah lumayanlah.

Kalau mau ke sini sebaiknya pagi.

Kemarin kami berangkat jam 6 dan kembali ke Jakarta jam 11. Kenapa pagi-pagi? Karena udaranya masih segar, matahari belum terlalu terik dan masih sepi. Saat kita bertolak pulang, ternyata mobil-mobil lain mulai berdatangan dan sempat menimbulkan macet di tanjakan.

Jangan lupa bawa tikar atau alas nyaman buat tidur-tiduran. Juga beritahu kerabat terdekat mengenai tujuan wisata Anda hari ini, karena di sini enggak ada sinyal yang masuk.

Ini baru air terjun Titan yang pertama. Masih banyak air terjun lain yang ingin kami buru sebelum puncaknya, The Angel’s Falls. Amin.

Pintu Gerbang Sentul Paradise Park.
Pintu Gerbang Sentul Paradise Park.
Titan made Friend.
Titan made Friend.
Tepi kolam berpasir.
Tepi kolam berpasir.
Saung di sepanjang kolam.
Saung di sepanjang kolam.
Saung berbentuk seperti rumah panggung.
Saung berbentuk seperti rumah panggung.
Berbagi bekal.
Berbagi bekal.

2 COMMENTS

  1. Mau tanya dong,ktnya jalannya berbatu dan curam jd klo mobil tua takutnya ga kuat nanjak..kalo boleh tahu kmrn bawa mobil sedan apa dan tahun brp ya?apakah ăϑα̲ kesulitan?twrima kasih infonya

    • Hai, wah sori banget baru ngecek lagi. Beberapa waktu lalu sudah balas tapi kok enggak ter-upload ya.

      anyways, kemarin kita naik Honda city 2003. Lumayan aman sih, walau harus pelan-pelan banget melewati bebatuan terjal.

      Good luck ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.