Road Trip? Ke Cirebon Aja

0
81

Kalian yang pengin getaway tapi gak jauh dari Ibukota, mungkin bisa memilih kota Cirebon sebagai alternatif. Jaraknya hanya 221,3 KM saja lho dari Jakarta. Tapi, ada apa aja sih di Kota Udang ini?



Kampung Batik Trusmi

Tahukah kalian kalau pengrajin batik di daerah desa Trusmi dan sekitarnya itu memcapai lebih dari 3,000 pengrajin. itu artinya, kita wajib menjaga keberadaan batik asli Cirebon. Caranya tentu dengan membeli dan memakai produk batik Cirebon.

Di Kampung Batik Trusmi kalian bisa mendapatkan aneka batik dalam berbagai model pakaian mulai dari kemeja, gaun, piyama bahkan kimono atau bathrobe. Tersedia juga aneka suvenir menarik atau snack yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Selain ragam batiknya yang begitu banyak, harga batik Cirebon juga terjangkau dan dibuat dari bahan berkualitas sehingga nyaman dipakai dan berkesan modern. Dikutip dari Wikiipedia, Batik Cirebon termasuk golongan Batik Pesisir, sebagian batik Cirebon juga termasuk dalam kelompok batik keraton yaitu Keratonan Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Nah segera cantumkan Kampung Batik Trusmi dalam daftar tujuan kalian di Cirebon ya.

Kuliner Juara di Cirebon

Masakan khas kota Cirebon yang sangat melegenda tak lain tak bukan Nasi Jamblang, Empal Gentong, dan Nasi Lengko.

Nasi Jamblang yang cukup tersohor di kalangan wisatawan adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Di sini, begitu masuk kita langsung dipersilahkan mengantri lalu diberi piring yang dialasi daun jati lalu dituangkan nasi putih. Untuk lauknya kita bisa memilih aneka masakan yang tersedia dalam wadah baskom seperti Cumi Hitam, Pepes Ayam, Sate Udang, Semur Telor dll. Jangan khawatir dompetmu kosong ya sebab harga makanan di sini murah meriah tapi maknyus banget.

Nasi Jamblang Ibu Nur

Kalau ingin kuliner malam yang suasananya syahdu bisa mengunjungi Resto Klapa Manis yang terletak di daerah yang cukup tinggi, hingga kalian bisa memandangi city view dengan gemerlap lampunya di malam hari. Hidangan yang layak dicoba di sini adalah Mie Tek Tek dengan kuah panas dan pedas. Hmmh, sedapnya!

Buat yang gemar seafood, bisa juga makan bareng keluarga di Resto H. Moel Seafood di pusat kota Cirebon.

Sedangkan untuk pusat oleh-oleh aneka snack, rebon dan terasi udang khas Cirebon bisa belanja di Toko Daud. Semua kudapan di sini enak dan cocok dijadikan buah tangan.

Ingat Jalan-Jalan Ingat Ibadah

Masjid Raya At-Taqwa di Jalan Kartini, Kota Cirebon nampak megah dengan kubah dan menaranya yang begitu menonjol. Terdapat juga alun-alun yang cukup luas.

Untuk umat Katolik biasanya sering juga berziarah ke Goa Maria yang berada di daerah Kuningan, di luar Kota Cirebon. Umat bisa sekaligus menikmati hijau pepohonan dan asrinya jalan setapak menuju Goa Maria.

Hotel Yang Recommended di Kota Cirebon

Hotel keluarga yang sangat direkomendasikan apabila kalian ingin menginap di kota Cirebon adalah Hotel Bentani dan Hotel Santika.

Layanan check in Hotel Bentani super cepat, sehingga bila membawa anak kecil dan bayi para orangtua tak perlu khawatir anak mereka akan rewel saat menunggu. Selain itu ada pula Resto Yanagi Japanese Cuisine di areal Hotel Bentani yang harus juga kalian cicipi aneka hidangannya.

Pilihan breakfast di Bentani juga sangat variatif dan super lezat. Nah tunggu apalagi, segera atur perjalanan bersama keluarga. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan ya meski kalian bepergian ke Cirebon dengan kendaraan pribadi.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.