Tips Menikmati Ragunan Saat Akhir Pekan

0
4095

Banyak yang bilang ke Ragunan in the weekend itu macet, penuh dan kaya pasar. Untuk menghindari hal tersebut, seharusnya pergi dari pagi hari. Kami sekeluarga tinggalnya tidak jauh dari Ragunan dan pernah kami sampai di sana jam 8 pagi on a Saturday. Suasana masih nyaman, bersih dan kebanyakan pengunjung sedang olah raga pagi atau bersepeda.

Beberapa tips untuk menikmati Ragunan semaksimal mungkin

  1. Spend about two or three hours in Ragunan sebelum rush hour. Anak anak pasti puas tanpa merasa kecapekan
  2. Mulailah berkeliling Ragunan di tempat binatang-binatang kecil yang banyak macam, ragam dan detilnya (seperti reptil, burung, ikan, monyet) dan akhiri dengan naik kereta. Perhatian dan enthusiasm anak2 masih segar di permulaan hari, dan setelah menyerap banyak informasi tentang berbagai macam binatang sambil berjalan, enaknya memang ngetour dengan kereta as the end of the trip
  3. Ada berbagai macam warung makanan dan geraian fastfood seperti CFC di Ragunan. Tetapi kami lebih memilih untuk bawa minum dan snacks sendiri kemudian makan di luar pada saat pulang (Citos atau Pejaten Village hanya 15 menit dari Ragunan)
  4. Sebaiknya kita ajari anak anak untuk tidak memberikan makanan apapun ke binatang
  5. Pusat Primata Schmutzer is a must visit. Jika tidak sempat dikunjungi, it is worth dedicating another trip to Ragunan khusus untuk melihat pusat ini.
  6. Kalau ingin menyewa sepeda tetapi tidak biasa naik tandem, sebaiknya menggunakan sepeda per satu orang saja. Bertandem kelihatannya seru, tapi kalau sedang sightseeing dan cari jalan di dalam keramaian, justru yang naik tandem suka menghalangi atau menabrak pejalan kaki.

Berikut rute yang paling disukai anak anak saya:

Dari pintu masuk utara II, kami melewati pelikan dan langsung ke rumah reptil, rumah ikan dan kandang macan. Setelah itu kami lanjut ke tempat monyet yang biasanya sedang ribut bersahut-sahutan di pagi hari. Bersebelahan dengan monyet adalah rumah burung dan dari tempat burung kami ke bagian herd animals semacam jerapah, gajah, beruang and deers. Secara anak saya ngefans berat dengan binatang-binatang yang disebut di atas ini, he is usually done with exploring after seeing them all. We end our Ragunan trip with a train ride through the park.

Taman Margasatwa Ragunan
JI. Harsono RM No. 1, Ragunan, Jakarta 12550, dekat pintu masuk Pintu Gerbang Utara. Telepon (021) 780 6975, 789 0615
Loket buka : Senin-Minggu, 08:00-16:00 Wib
Harga tiket masuk : Rp. 5.000,- dan Taman Satwa anak Rp. 2.500,- untuk anak usia 3 tahun keatas

 

 

Tour dengan Kereta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.