Together we RUN!

0
3908

Olahraga luar ruang sedang banyak digemari di Jakarta. Selain bersepeda bersama di Car Free Day, kegiatan lari juga sedang banyak dilakukan oleh warga Jakarta.

Tapi kita tidak harus jadi professional runners to join the fun. Seperti yang saya lakukan dua tahun lalu, bersama anak saya. Kita daftar di salah satu Race 5K yang diadakan oleh Jakarta Free Spirit di JIS (Jakarta International School). Nama acaranya: Jakarta Road Race Series. Series ini biasanya dimulai bulan November sampai April tahun berikut (info schedule tahun ini dan website di bawah).

Yang saya ingin highlight, persiapan menuju perlombaan tersebut yang bisa dilakukan bersama untuk membuat weekend bonding, keluar dari rutinitas weekend dan membuat aktivitas baru.

Di perlompaan tersebut juga dapat mengajarkan winning feeling ke anak, dan membuat mereka bangga dapat menyelesaikan perlombaan yang cukup berat untuk mereka.

Untuk latihan lari di akhir pekan, ada beberapa alternative di Jakarta:

1. Gelora Bung Karno (GBK) – Senayan
Jalanan aspal yang mulus, memudahkan track untuk kita berlari memutari stadion.  Tapi area ini sangat ramai dikunjungi para pelari lainnya di akhir pekan. Good side:  Jajanan yang menggoda untuk camilan setelah berlari

2. Sasana Krida Loka – Senayan
Letaknya dibelakang kolam renang Senayan. Tempatnya seperti taman dalam kota, sangat rindang dan tidak terlalu ramai di akhir pekan. Sayangnya, Sabtu tempat tersebut sudah di-book untuk senam osteoporosis, jadi untuk umum hanya di hari Minggu.  Bedanya dengan GBK, jalanan di lokasi ini berbelok-belok dan berbatu. Kalau habis Hujan agak sedikit licin.

3. Ancol Beach City
Area di pinggir pantai juga punya jogging track yang bisa jadi alternative cantik untuk lari bersama anak. Ditambah dengan pilihan resto seafood yang mana tahaaannn…

4. Car free day Kuningan/Sudirman
Accessible dan mudah untuk cari parkir di gedung dekat jalanan langsung.

 

Acara lari yang akan diadakan di Jakarta:

1. Jakarta Race

Starting point di Landmark – dekat Four Seasons hotel. (Jakartarace.org). Acaranya akan diadakan tanggal 21 Oktober 2012. Pilihan race 5K dan 10K. Rutenya: Landmark – Bundaran Senayan – Bundaran HI – Landmark.

Tips:

  • Rute cukup mudah. Orang tua diperbolehkan untuk membawa anak dengan stroller ataupun sepeda.
  • Jika anak kecapean, bisa berhenti tengah jalan, istirahat ataupun balik lagi dengan kendaraan umum. Tidak ada masalah jika tidak dapat menyelesaikan rute.
  • Parkir kendaraan di area Landmark atau masuk ke gedung.

2. Jakarta Road Race Series 2012/2013

Jadwal perlombaan dibagi dalam 4 lokasi. Serunya acara ini karena dilakukan di dalam kompleks olah raga seperti JIS, BIS, jadi aman untuk anak-anak. Selain alternative distance 5K dan 10K, ada juga 2.5K dan 500m untuk anak-anak di bawah 7 tahun.  Seru!

Jadwalnya:

  • JIS: 11 November 2012
  • ISCI: 3 Februari 2013
  • BIS: 3 Maret 2013
  • JFS: 5 Mei 2013

Tips:

  • Jangan bawa banyak barang, simpan saja di mobil atau sewa locker di lokasi.
  • Minuman disediakan oleh panitia jadi tidak perlu repot bawa, termasuk handuk etc.
  • Bawa baju ganti dan simpan di dalam mobil.
  • Pakai pakaian yang longgar dan celana pendek, kalau bisa ada kantong tertutup untuk menympan bekal uang tunai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.